Saturday, 28 March 2009

RISET HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)

Proses hubungan masyarakat menegaskan model 4 (empat) langkah penting, meliputi :
  1. MENENTUKAN RUMUSAN MASALAH HUMAS
  2. MERENCANAKAN PROGRAM HUMAS
  3. MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM MELALUI KEGIATAN & KOMUNIKASI
  4. EVALUASI PROGRAM

Langkah pertama dalam proses humas yaitu pengumpulan informasi untuk membantu merumuskan dan mencegah kemungkinan munculnya masalah-masalah humas. Beberapa teknik yang sangat berguna dalam tahap ini adalah :

  1. Environmental Monitoring Program (boundery scanning)
  2. Public Relations Audit (audit humas)
  3. Communication Audit (audit komunikasi)
  4. Social Audit (audit sosial)

Audit Program Monitoring Lingkungan berguna dalam mengukur isu yang berkembang mengenai sebuah organisasi. Audit ini meliputi 2 (dua) tahap yaitu Early Warning Phase dan Tracking Public Opinion Phase.

Public Relations Audit berguna dalam mengukur citra organisasi melalui berbagai cara dan kegiatan.

Audit Komunikasi berguna untuk mengukur efektivitas media komunikasi yang digunakan humas dalam menyampaikan pesan-pesannya kepada publik. Pengukuran ini ndapat dilakukan terhadap media komunikasi cetak maupun eletronik. Audit Komunikasi meliputi 2 (dua) pendekatan, Teori Cloze Procedure & Teori Flasch. Cloze Procedure mengukur keterbacaan pesan melalui teks berdasarkan penggunaan satuan kata, sementara Teori Flasch, berdasarkan penggunaan satuan suku kata dalam sebuah pesan.

Audit Sosial berguna dalam mengukur kebijakan organisasi yang berdampak pada lingkungan atau publik di sekitarnya.

No comments:

Post a Comment