Friday 15 May 2009

13rd SEAPAVAA CONFERENCE & GENERAL ASSEMBLY

"COLLECTION and ACCESS DEVELOPMENT ; TWO SIDES of THE SAME COIN"
Bandung & Jakarta, 15th-20th May 2009

SEAPAVAA atau South East Asia - Pasific Audio Visual Archive Association adalah sebuah organisasi yang mengurusi hal-ihwal mengenai kearsipan, tingkat regional. Arsip dan pengarsipan bisa jadi merupakan barang dan kegiatan yang paling memusingkan bagi sebagian besar orang. Namun sebaliknya, arsip dan pengarsipan bisa jadi juga merupakan barang dan kegiatan yang paling dibutuhkan oleh banyak orang.

Persoalannya, pekerjaan yang berhubungan dengan pengrasipan ini membutuhkan beberapa kriteria yang tidak sederhana yang sanggup dilakukan oleh banyak orang antara lain :
  1. Kesabaran
  2. Ketelitian
  3. Keteraturan
  4. Pencatatan
  5. Penyimpanan

Yang kesemuanya membutuhkan tingkat keahlian atau kualifikasi yang sangat tinggi.

Data yang dapat diarsipkan dapat digolongkan sebagai berikut :

  1. Catatan tertulis - written documents
  2. Foto- images recording
  3. Film - moving images recording
  4. Suara - sound recording

Pengarsipan sebuah data yang baik, mampu mengungkapkan banyak rahasia sekaligus kebenaran yang selama ini tidak pernah terbukti. Berbagai institusi besar sangat mengandalkan kegiatan pengarsipan dalam operasional organisasinya, seperti UNESCO. Tak heran, secara profesional kegiatan pengarsipan memiliki organisasi yang memberikan ruang dan waktu secara berkala bagi para profesional arsiper, demikian sebuatan bagi profesional pengarsip, sehingga mereka dapat saling berinteraksi dan berbagi pengalaman dalam kegiatan pengarsipan yang semakin penuh tantangan di masa mendatang.

Para profesional humas, tentu menjadi salah satu pihak yang paling diuntungkan oleh kegiatan pengarsipan yang baik. Sebagai profesional di bidangnya, para praktisi humas dituntut bekerja berdasarkan data dan riset, bukan asumsi. Artinya, dalam hal ini, para profesional humas memerlukan data yang dapat dipertanggungjawabakan dan terjaga orisinalitasnya.

Untuk itulah, para profesional humas perlu mengerti dan selayaknya mengikuti perkembangan pengarsipan yang seiring berjalannya waktu akan semakin mengikuti pula perkmebangan teknologi sebagai upaya kegiatan pengelolaan arsip yang semakin baik dan canggih. Mengikutkan diri dalam organisasi semacam ini sangatlah bermanfaat bagi para profesional humas sebagai penunjang kelancaran pekerjaan dan tentu sebagai penambah jaringan dalam dunia kerja.

No comments:

Post a Comment