- Produk, adalah apa yang dihasilkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, maka produk itulah yang seringkali dijadikan cenderamata.
- Corporate flag, merupakan produk yang melambangkan identitas organisasi atau perusahaan, contohnya antara lain vandel, plakat, bendera, tie pin, dll.
- Prototipe, merupakan produk miniatur dari alat, produk, atau hal-hal yang spesifik mengenai organisasi atau perusahaan. Misalnya prototipe mesin, pesawat, mobil, dll.
- Stationary, merupakan produk yang berkaitan dengan peralatan alat tulis kantor seperti bollpoint, buku kerja, name card holder, block note, kalender, paper bag, dll.
- Merchandise, merupakan barang-barang keperluan sehari-hari yang diberi aplikasi identitas organisasi atau perusahaan. Contohnya adalah topi, kaos, jaket, sepatu, tas kerja, tas backpack, key holder, jam tangan, mug (gelas besar), dll.
DISTRIBUSI
Walaupun peruntukan sebuah cenderamata adalah untuk dibagikan secara cuma-cuma, namun distribusi cenderamata perlu dilakukan secara terencana. Maksudnya, dengan berbagai kharakteristik publik atau stakeholder sebuah organisasi atau perusahaan, maka tiap kategori publik memiliki kebutuhan dan tingkat urgensi yang berbeda terhadap sebuah cenderamata. Pembagian name card holder kepada sekelompok anak sekolah tentu tidak terlalu bermanfaat. Mereka lebih memerlukan alat tulis atau gelas sebagai cenderamata. Sebaliknya, seorang pejabat pemerintah lebih sesuai diberikan cenderamata jaket, kaos atau prototipe produk, selain cenderamata corporate flag yang mewakili institusi masing-masing seperti vandel atau plakat.
ANGGARAN
Namun, tingkat keroyalan sebuah organisasi atau perusahaan dalam membagikan cenderamata kepada publiknya tentu tergantung besar-kecilnya organisasi yang bersangkutan, dalam hal ini menyangkut biaya. Sebuah perusahaan oil & gas company tentu tidak akan sungkan-sungkan untuk membagikan cenderamata yang apik dan mahal kepada publiknya, sekalipun mereka hanya anak sekolah. Senbaliknya sebuah perusahaan menengah tentu harus sangat cermat dalam mengalokasi pembagian cenderamata kepada setiap kelompok publiknya.
PENGADAAN
Pengadaan cenderamata pada dasarnya dapat dipersiapkan sesuai kebutuhan. Caranya dengan memperhatikan calender event humas dalam setahun ke depan. Dengan demikian, setidaknya pengadaan cenderamata dapat dipersiapkan tidak berlebihan.
No comments:
Post a Comment