- Public Relations adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individual & organisasi yang punya kepentingan publik, serta merencanakan & melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman & penerimaan publik (Public Relations News);
- Public Relations adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual & kerja sama antara organisasi & publiknya; PR melibatkan manajemen problem atau manajemen isu; PR membantu manajemen agar tetap responsif dan mendapatkan informasi terkini tentang opini publik; PR mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen tetap mengikuti perubahan & memanfaatkan perubahan secara efektif, dan PR dalam hal ini adalah sebagai sistem peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan (trends); dan PR menggunakan riset & kom'si yang sehat dan etis sebagai alt utamanya (Rex F. Harlow);
SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN, PR MENCAKUP :
- Memperkirakan, menganalisis dan mengintepretasikan opini & sikap publik dan isu ...;
- Memberi saran kepada manajemen di semua level ...;
- Meriset, melaksanakan dan mengevaluasi secara rutin program-program aksi & komunikasi untuk mendapatkan pemahaman publik ...;
- Merencanakan & mengimplementasikan usaha organisasi untuk mempengaruhi atau mengubah kebijakan publik;
- Menentukan tujuan, rencana, anggaran, rekrutmen dan training staf, mengembangkan fasilitas - mengelola SDM (PR Society of America)
UNSUR-UNSUR DALAM DEFINISI PR :
- Melakukan program terencana & berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasional
- Menangani hubungan antara organisasi & publik stakeholdernya
- Memonitor kesadaran, opini, sikap & perilaku di dalam & di luar organisasi
- Menganalisa dampak dari kebijakan,prosedur dan aksi terhadap publik stakeholder
- Mengidentifikasi kebijakan, prosedur dan tindakan yang bertentangan dengan kepentingan publik & kelangsungan hidup organisasi
- Memberi saran kepada manajemendalam pembentukan kebijakan baru, prosedur baru & tindakan baru yang sama-saman bermanfaat bagi organisasi & publik
- Membangun & mempertahankan kom'si dua arah antara organisasi dan publiknya
- Menciptakan perubahan yang terukur dalam kesadaran, opini, sikap & perilaku di dalam & di luar organisasi
- Menghasilkan hubungan yang baru dan/atau tetap antara organisasi dan publiknya
BAGIAN-BAGIAN FUNGSI PR :
- Hubungan internal
- Publisitas
- Advertising
- Press Agentry
- Public Affairs
- Lobbying
- Manajemen Isu
- Hubungan Investor
- Pengembangan
No comments:
Post a Comment