Wednesday, 13 May 2009

PUBLIC RELATIONS & MANAGEMENT

DEFINISI PUBLIC RELATIONS
  1. Public Relations adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individual & organisasi yang punya kepentingan publik, serta merencanakan & melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman & penerimaan publik (Public Relations News);
  2. Public Relations adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual & kerja sama antara organisasi & publiknya; PR melibatkan manajemen problem atau manajemen isu; PR membantu manajemen agar tetap responsif dan mendapatkan informasi terkini tentang opini publik; PR mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen tetap mengikuti perubahan & memanfaatkan perubahan secara efektif, dan PR dalam hal ini adalah sebagai sistem peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan (trends); dan PR menggunakan riset & kom'si yang sehat dan etis sebagai alt utamanya (Rex F. Harlow);

SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN, PR MENCAKUP :

  1. Memperkirakan, menganalisis dan mengintepretasikan opini & sikap publik dan isu ...;
  2. Memberi saran kepada manajemen di semua level ...;
  3. Meriset, melaksanakan dan mengevaluasi secara rutin program-program aksi & komunikasi untuk mendapatkan pemahaman publik ...;
  4. Merencanakan & mengimplementasikan usaha organisasi untuk mempengaruhi atau mengubah kebijakan publik;
  5. Menentukan tujuan, rencana, anggaran, rekrutmen dan training staf, mengembangkan fasilitas - mengelola SDM (PR Society of America)

UNSUR-UNSUR DALAM DEFINISI PR :

  1. Melakukan program terencana & berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasional
  2. Menangani hubungan antara organisasi & publik stakeholdernya
  3. Memonitor kesadaran, opini, sikap & perilaku di dalam & di luar organisasi
  4. Menganalisa dampak dari kebijakan,prosedur dan aksi terhadap publik stakeholder
  5. Mengidentifikasi kebijakan, prosedur dan tindakan yang bertentangan dengan kepentingan publik & kelangsungan hidup organisasi
  6. Memberi saran kepada manajemendalam pembentukan kebijakan baru, prosedur baru & tindakan baru yang sama-saman bermanfaat bagi organisasi & publik
  7. Membangun & mempertahankan kom'si dua arah antara organisasi dan publiknya
  8. Menciptakan perubahan yang terukur dalam kesadaran, opini, sikap & perilaku di dalam & di luar organisasi
  9. Menghasilkan hubungan yang baru dan/atau tetap antara organisasi dan publiknya

BAGIAN-BAGIAN FUNGSI PR :

  1. Hubungan internal
  2. Publisitas
  3. Advertising
  4. Press Agentry
  5. Public Affairs
  6. Lobbying
  7. Manajemen Isu
  8. Hubungan Investor
  9. Pengembangan

No comments:

Post a Comment