Thursday, 2 April 2009

KLIPING

Dalam SKKNI Bidang Kehumasan, membuat kliping merupakan standarisasi inti pertama yang harus dikuasai oleh seorang petugas humas. Maksudnya, membuat kliping merupakan kegiatan paling mudah dari 70 (tujuh puluh) kompetensi yang disyaratkan dalam SKKNI Bidang Kehumasan bagi praktisi humas di Indonesia.
Kliping atau guntingan berita, merupakan kumpulan guntingan berita yang dimuat dalam media massa cetak baik surat kabar, tabloid, ataupun majalah, yang memuat berbagai isu yang berkaitan dengan kegiatan organisasi/perusahaan.
Sebagai kumpulan guntingan berita, kliping berguna bagi manajemen dan organisasi secara keseluruhan dalam memantau kondisi organisasi di mata publik sekaligus situasi sekitar organisasi secara lebih cepat, tanpa harus membaca seluruh media massa yang tersedia. Karena itu, tolok ukur dalam penyusunan produk kliping, yang paling utama adalah kecepatan dalam penyajian.
Kliping, disajikan dalam sebuah blangko kliping yang memuat :
  1. Kepala surat & unit kerja yang menerbitkan kliping
  2. Nama & logo perusahaan
  3. Hari & tanggal
  4. Nama & halaman media yang dikliping
  5. Topik berita yang dikliping
  6. Area "kesimpulan" & "saran"
  7. Identitas penanggung jawab kliping
  8. Ruang yang cukup untuk me"nempelkan" guntingan berita
PROSEDUR MENYUSUN KLIPING :
  1. Scanning media massa, baca secara cepat, pusatkan pada headline dan rubrik yang relevan dengan kegiatan organisasi. Bila dilakukan oleh seorang petugas humas, proses scanning untuk 6 - 10 surat kabar, maksimal dibutuhkan waktu 15 menit. Bila lebih banyak media massa yang harus dipilah, lakukan penambahan waktu secara proporsional, atau lakukan penambahan petugas humas;
  2. Salin berita yang sudah dipilih menggunakan mesin pengganda (foto kopi). Perhatikan : pembesaran atau pengecilan ukuran berita sesuai kebutuhan dan ketersediaan area kliping. Bila tulisan muncul dalam area kolom berita hanya sedikit & kecil, lakukan pembesaran secara wajar sehingga memudahkan bagi pembaca. Begitu pun sebaliknya;
  3. Lengkapi data kliping selengkap mungkin : hari & tanggal, sumber berita, media & halaman, serta topik berita;
  4. Buat kesimpulan berita. Perhatikan unsur 5 W + 1 H. Tambahkan saran atau komentar bila diperlukan. Saran & komentar sangat bermanfaat bagi manajemen dalam membuat keputusan yang dibutuhkan berkaitan dengan kliping yang ada;
  5. Cantumkan identitas penanggung jawab kliping.
  6. Penting : perhatikan pula estetika tampilan kliping seperti ukuran, komposisi dan kejelasan hasil salinan (foto kopi) sehingga secara keseluruhan kliping dapat dibaca dengan nyaman;
  7. Waktu. Selesaikan kliping maksimal pukul 09.00 dan sudah tersedia di meja BOD dan middle manajemen;
  8. Lakukan hal sama secara online;

No comments:

Post a Comment