Wednesday 6 May 2009

CENDERAMATA

Dalam dunia persilatan kehumasan, pembangunan brand awarenes & citra sebuah organisasi salah satunya terwujud melalui penggunaan cenderamata secara efektif. Cenderamata seringkali digunakan sebagai media publisitas untuk memperkenalkan jati diri sebuah organisasi di antara masyarakat luas.

Selain berguna dalam membangun brand awareness dan citra sebuah organisasi atau perusahaan, cenderamata juga mampu meningkatkan sense of belonging dan kebanggaan bagi para penerimanya.

Sebagai hadiah sekaligus kenang-kenangan, sebuah organisasi atau perusahaan membagikan cenderamata pada berbagai kesempatan, antara lain pada kegiatan pameran, kunjungan resmi, kegiatan open house, dll.

Cenderamata secara sederhana, dapat dibedakan dalam berbagai kategori sebagai berikut :
  1. Produk, adalah apa yang dihasilkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, maka produk itulah yang seringkali dijadikan cenderamata.
  2. Corporate flag, merupakan produk yang melambangkan identitas organisasi atau perusahaan, contohnya antara lain vandel, plakat, bendera, tie pin, dll.
  3. Prototipe, merupakan produk miniatur dari alat, produk, atau hal-hal yang spesifik mengenai organisasi atau perusahaan. Misalnya prototipe mesin, pesawat, mobil, dll.
  4. Stationary, merupakan produk yang berkaitan dengan peralatan alat tulis kantor seperti bollpoint, buku kerja, name card holder, block note, kalender, paper bag, dll.
  5. Merchandise, merupakan barang-barang keperluan sehari-hari yang diberi aplikasi identitas organisasi atau perusahaan. Contohnya adalah topi, kaos, jaket, sepatu, tas kerja, tas backpack, key holder, jam tangan, mug (gelas besar), dll.

DISTRIBUSI

Walaupun peruntukan sebuah cenderamata adalah untuk dibagikan secara cuma-cuma, namun distribusi cenderamata perlu dilakukan secara terencana. Maksudnya, dengan berbagai kharakteristik publik atau stakeholder sebuah organisasi atau perusahaan, maka tiap kategori publik memiliki kebutuhan dan tingkat urgensi yang berbeda terhadap sebuah cenderamata. Pembagian name card holder kepada sekelompok anak sekolah tentu tidak terlalu bermanfaat. Mereka lebih memerlukan alat tulis atau gelas sebagai cenderamata. Sebaliknya, seorang pejabat pemerintah lebih sesuai diberikan cenderamata jaket, kaos atau prototipe produk, selain cenderamata corporate flag yang mewakili institusi masing-masing seperti vandel atau plakat.


ANGGARAN

Namun, tingkat keroyalan sebuah organisasi atau perusahaan dalam membagikan cenderamata kepada publiknya tentu tergantung besar-kecilnya organisasi yang bersangkutan, dalam hal ini menyangkut biaya. Sebuah perusahaan oil & gas company tentu tidak akan sungkan-sungkan untuk membagikan cenderamata yang apik dan mahal kepada publiknya, sekalipun mereka hanya anak sekolah. Senbaliknya sebuah perusahaan menengah tentu harus sangat cermat dalam mengalokasi pembagian cenderamata kepada setiap kelompok publiknya.


PENGADAAN

Pengadaan cenderamata pada dasarnya dapat dipersiapkan sesuai kebutuhan. Caranya dengan memperhatikan calender event humas dalam setahun ke depan. Dengan demikian, setidaknya pengadaan cenderamata dapat dipersiapkan tidak berlebihan.



No comments:

Post a Comment