Tuesday 15 September 2009

AUDIT HUMAS

Audit Humas merupakan salah satu dari 4 (empat) macam riset dasar kehumasan. Audit Humas adalah sebuah prosedur penelitian kehumasan yang bertujuan untuk menggambarkan citra organisasi melalui kegiatan tertentu.

Secara sederhana Audit Humas dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Tujuan : deskriptif. Artinya, penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan citra organisasi secara khusus melalui kegiatan yang digelar oleh organisasi. Baik kegiatan humas internal maupun eksternal, keduanya dapat dilakukan audit humas. Contoh kegiatan humas yang dapat diaudit antara lain tea morning briefing. open house, visiting factory, press tour, press conference, training, seminar, dll.
  2. Pendekatan : kuantitatif. Metode Audit Humas merupakan sebuah riset yang relatif sederhana namun hasilnya sangat spesifik dan dapat menjangkau banyak hal dalam pengukuran. Sebagai sebuah penelitian kuantitatif, maka audit humas akan memanfaatkan sistem tabulasi dan penghitungan statistik. Saat ini, kedua hal tersebut tidak lagi menjadi hal merepotkan karena sudah terdapat program yang khusus diperuntukan bagi kebutuhan penelitian semacam itu, yaitu SPSS. Atau, bila masih dalam jumlah yang sedikit masih dapat dilakukan dengan menggunakan program Ms.Excel.
  3. Sampling : random. Salah satu ciri sebuah penelitian kuantitatif adalah pada teknik sampling yang dilakukan secara acak. Secara spesifik bagaimana mengacaknya, tergantung kharakteristik populasinya. Bila populasinya cenderung homogen, maka dapat menggunakan simple random sampling, dengan jumlah yang relatif sedikit. Namun bila populasinya semakin heterogen dalam arti memiliki kharakteristik beragam dan kualifikasi berjenjang maka bisa jadi yang dibutuhkan adalah stratifikasi random sampling, dengan jumlah yang lebih banyak.
  4. Instrument : Closed Question - Quetioner. Penelitian Audit Humas menggunakan instrumen lembar kuesioner yang berisi pertanyaan untuk dinilai oleh responden dalam bentuk pilihan skor 1, 2, 3, dst.
  5. Skala : Semantik (7). Skala penilaian dalam Audit Humas menggunakan skala semantik, yaitu dimulai dari nilai 1 hingga 7, dengan diawali 1 pada posisi paling kanan menuju 7 di sisi paling kiri.
  6. Based Theory : Wimmer & Dominick.

No comments:

Post a Comment