Monday 12 March 2012

PERKEMBANGAN RISET MEDIA MASSA

Ada 4 (empat) fase dalam riset media massa, yaitu ; # Fase 1, Adanya daya tarik dari medium yang bersangkutan (obyek penelitian); # Fase 2, akumulasi dari informasi spesifik mengenai kegunaan & siapa pengguna medium tersebut. Fase ini berupaya menemukan fakta bagimana para pengguna medium ini memanfaatkan, edium pilihan mereka dalam kehidupan keseharian. # Fase 3, investigasi dampak sosial, psikologi & fisik dari medium. Fase ini antara lain berupaya, mengetahui berapa lama sesorang menghabiskan waktunya dengan medium pilihannya. Apakah medium tersebut telah mengubah pola pikir mereka, dll.; # Fase4, peneliti memimpin untuk menentukan bagaimana sebuah medium dapat ditingkatkan, baik manfaatnya maupun berkaitan dengan perkembangan teknologi. Penelitian adalah sebuah proses tanpa akhir. Seidaknya, ada 4 (empat) peristiwa besar atau kekuatan sosial yg telah mendorong penelitian media massa, yaitu ; 1. Perang Dunia I, yg dengan cepat melahirkan sebuah kebutuhan untuk memahami tentang alam propaganda. Sebuah teori media massa, dupisebut komunikasi "Hypodermic Needle Model" menegaskan, bahwa media massa hanya membutuhkan "tembakan" pesan pada sekelompok audiens sehingga pesan tersebut akan menghasupilkan dampak yg besar. Keyakinannya adalah kala semua orang berperilaku sama saat menghadapi media massa. 2. Realisasi Pengiklan di era 1950an & 1960an bahwa data penelitian sangat bermanfaat dalam pengembangan dalam mempengaruhi pelanggan potensial untuk membeli produk barang & jasa; 3. Meningkatnya minat masyarakat tentang dampak media bagi publik, khususnya anak2. Penelitian mengenai penayangan kekerasan di televisi masih menjadi sebuah pemikiran penting, sbg sebuah bukti dalam penelitian "Laporan Kekerasan Penayangan di Televisi UCLA" yg diterbitkan pd th 1998. 4. Meningkatnya persaingan di antaramedia untuk belanja iklan. Hampir semua manajer media saat ini sangat canggih dan menggunakan rencana jangka panjang, mengaturbberdasarkan tujuan & meningkatkan ketergantungannya pada dta utk mendukung proses pengambilan keputusan. Bahkan produser program berupaya mencari data yang paling relevan, sebuah pekerjaan ditambhkan untuk meningkatkan sisi kreativitas dari pengembangan program. Riset media massa modern saat ini trmasuk keragaman penelitian psikologi & sosiologi seperti halnya respon psikologis & emosional terhadap acara televisi, komersial, atau musik yg diputar di stasiun2 radio. Selain itu, modeling komputer & berbagai analisis canggih komputer lainnya saat ini begitu lazim digunakan di dalam penelitian media massa, menegaskan sejumlah hal seperti acara televisi yg potensial utk sukses. Riset media massa pun kini mendapatkan pengakuan dan penghargaan di dunia kerja. Chapter 1: Science & Research, "Mass Media Research an Introduction", Seventh Edition, Wimmer & Dominic


Published with Blogger-droid v2.0.4

No comments:

Post a Comment